Istilah Istilah Penting Dalam Google Adsense Yang Wajib Di Ketahui


Untuk Para Blogger Siapa Sih Yang Tak Kenal Dengan Google Adsense ? , Ya Google Adsense Adalah Tujuan Semua Blogger Untuk Mendaptakan Secercah Receh Yang Bisa Menghidupi 10 Keluarga Sekaligus *Abaikan Bagian Ini.

Dalam Google Adsense Banyak Sekali Istilah Istilah Yang Akan Temen Temen Temukan *Padahal Kaga Pernah Kenal Udah Nyebut Temen*. Berikut Beberapa Istilah Istilah Dalam Google Adsense :


1. Visitor dan Unique Visitor (pengunjung organik)

 


Visitor adalah sebutan umum untuk pengunjung blog. Sedangkan unique visitor adalah pengunjung blog yang murni datang berasal dari mesin pencari seperti google.com, yandex, bing maupun browser yang lain. Pengunjung ini mencari sebuah website atau blog berdasarakan kata kunci yang ditulis dimesin pencari.

2. Average Time On Site


Adalah jumlah rata-rata waktu  yang dihabiskan pengunjung berada di blog sobat. Semakin lama pengunjung berada di blog sobat berarti semakin tinggi nilai durasi waktu singgahnya.
Lama disini dalam artian karena pengunjung membaca dan membuka-buka halaman blog.

3. Publisher Adsense


Adalah pihak yang membantu google mempromosikan iklan-iklan yang sudah terdaftar di google.  Publisher ini akan menampilkan iklan melalui blog atau website. Oleh karena itu syarat utama publisher haruslah memiliki website, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sedangka untuk pemain video, seorang calon publisher harus memiliki chanel video di youtube.

Baca juga : Cara Agar Cepat Diterima Google Adsense

4. Review Kedua


Adalah tahap penilaian kedua oleh pihak google adsense atas permintaan calon publisher yang ingin menjadi mitra (publisher) google adsense. Lamanya review kedua ini berkisar antara 3-7 hari. Ada juga yang sampai berbulan bulan baru mendapatkan kejelasan diterima atau tidaknya.

5. Page View (PV)


Adalah jumlah halaman website atau blog yang dibuka oleh pengunjung. Satu pengujung berarti satu page view. Tetapi jika pengujung itu membuka 10 halaman di blog berarti page viewnya ada 10. Jadi semakin banyak pengunjung yang membuka halaman blog maka page view juga akan banyak.

6. CTR (Click through rate) 


CTR adalah perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman suatu website. CTR ini juga dikenal dengan istilah RKT (Rasio klik per tayang) Biasanya CTR digunakan untuk mengukur banyaknya klik jenis iklan PPC. Rumus CTR = (click / pageview) x 100

7. CPC (Cost per click)


CPC Adalah perhitungan pendapatan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengujung suatu situs. CPC juga dikenal dengna istilah BPK (Biaya per klik). CPC ini berbeda beda untuk setiap iklan yang tampil di blog. Semakin tinggi nilai CPC semakain banyak pendapatan yang akan masuk ke akun adsesne.

8. RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

RPM atau sering disebut PPS  adalah pendapatan per seribu tayang (RPM) yang menunjukan pemasukan atau penghasilan tertaksir. PPS ini menunjukan pendapatan yang diterima setiap 1000 kali tayang. Rumus menghitungnya :
RPM = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) x 1.000
Contoh :
  • Penghasilan adsense tertaksir $1 dari 50 laman
  • Maka RPM = ($1 : 50) x 1.000 = $20

9. Bounce Rate

Adalah rata-rata presentase  antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.
Contoh :
  • Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150
  • Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%

10. Akun Adsense Dibanned

Artinya akun adsense dinonaktifkan. Atau bahasa simplenya dipecat dari status publisher adsense. Penyebabnya bermacam-macam yang intinya publisher melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh google adsense. Jika sudah dinonaktifkan maka semua iklan yang ada di website atau blog sobat tidak akan tampil. Dan penghasilan yang sudah masuk di akun adsense tidak akan cair.

11. Akun Suspended

Artinya akun adsense sobat ditangguhkan (ditutup) dalam jangka waktu tertentu. Biasaya selama 30 hari. Penyebab akun disuspend bermacam-macam dan yang paling sering adalah masalah invalid click. Ketika akun ditangguhkan maka iklan tidak akan tampil. Tetapi setelah 30 hari akun dan iklan akan diaktikan kembali oleh google.

12. Akun Hosted dan Nonhosted

Adalah 2 jenis akun adsense yang dibedakan berdasarkan pendaftaran awal calon publisher.
Meskipun kepemilikan jenis akun ini dimulai sejak awal, Publisher yang memiliki akun Hosted dapat mengUPGRADE ke jenis nonhsoted dengan cara mengganti domain blog dengan domain TLD (top level domain)

 Berikut ini adalah perbedaan antara akun hosted dan nonhosted
Akun adsense hosted
  1. Pendaftaranya melalui blogspot atau youtube
  2. Hanya melewati 1 kali masa review
  3. Iklan dari akun hosted hanya bisa ditampilkan di blogspot dan youtube
  4. Iklan dari akun hosted tidak bisa ditampilkan di blog yang menggunakan TLD (Top Level Domain)
Akun adsense nonhosted
  1. Pendaftarannya melalui blog yang menggunakan top level domain (TLD)
  2. Pendaftaran melewati 2 kali masa review sehingga terbilang lebih sulit
  3. Iklan dari akun nonhosted bisa tampil dimana saja seperti youtube, blogspot, blog dengan domain TLD dst..

13. Verifikasi PIN

Adalah metode yang dilakukan oleh google untuk memverifikasi akun adsense dengan cara mengirimkan surat yang berisi kode beberapa digit (biasayan 6 digit). Surat dari google tersebut dikirimkan melalui kantor pos. dari kantor pos akan dikirmkan ke alamat publisher. Jika sobat sudah menerima surat dari pak pos yang berisi kode verifikasi, segera buka akun adsense dan masukan 6 digit kode verifikasi tersebut.

14. Bank Lokal

Istilah bank lokal adalah bank yang ada di wilayah publisher. Dengan bank lokal inilah publisher dapat mencairkan uang dari akun google adsense. bank lokal yang sering digunakan oleh publisher Indonesia adalah BCA (bank central asia), BNI (Bank Negara Indonesia), Mandiri dan BRI.

15. NTCN (Money Transfer Control Number)

Adalah nomor khusus yang dikirimkan oleh google adsense  bagi publisher yang mensetting metode pembayarannya (gajian) melalui Western Union (WU). Nomor ini akan dikirimkan jika saldo (balance) akun adsense sudah melewati batas minimum pembayaran yaitu sebanyak $100.

16. Estimated Earning

Adalah perkiraan jumlah penghasilan atau pendapatan yang akan diterima oleh publisher adsense dari iklan yang dipasang di blog atau iklan yang tampil di youtube dalam jangka waktu tertentu. Jadi pendapatan estimated earning ini belum real atau pasti tetapi hanya perkiraan yang akan kita dapatkan.

17. PIP (Payment in Progress)

Menunjukan status pembayaran dari google adsense masih dalam proses. Hal ini menandakan bahwa bulan ini sobat bisa mencairkan uang yang ada di akun adsense. PIP ini dilakukan secara otomatis oleh google biasanya antara tanggal 21-25 setiap bulannya.

18. PI (Payment Issue)

Setelah PIP barulah PI. PI adalah proses dimana publisher akan menerima kode pembayaran dari adsense. Kode ini dikirimkan melalui email dan digunkan untuk mencairkan uang di kantor pos (WU).

19. PO (Pay Out)

Artinya gajian, positif cair dari google adsense. Batas minimal PO adalah $100. kalau kurs nilai rupiah sekarang Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-.
Ada 2 metode pembayaran yang bisa diterima publishser Indonesia yaitu melalui WU (western union) di kantor pos dan Bank lokal seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

20. Boom Klik

Adalah aktifitas klik yang tidak bernilai (tidak valid ) atau tidak syah menurut ketentuan google adsense pada sebuah iklan yang tampil di suatu website atau blog. Boom klik biasa dilakukan oleh orang yang tidak suka terhadap blog kita. Aktifitas ini termasuk illegal karena merugikan publisher.


Sekian Pembahasan Tentang Istilah Istilah Dalam Google Adsense Seomga Dapat Membantu Pendapatan Negara :(

Subscribe to receive free email updates: